Macam-Macam Majas Pertentangan dan Contohnya

jenis jenis majas pertentangan

Pernah mendengar istilah majas? Jika anda belajar Bahasa Indonesia di sekolah, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini dong. Majas bukan hanya satu jenis saja, ada berbagai macam majas yang ada dan perlu anda pahami.

Salah satu majas adalah majas pertentangan, majas pertentangan adlaah gaya bahasa yang menggunakan ekspresi bahasa tertentu untuk menungkapkan pertentangan antara 2 (dua) keadaan atau hal.

Sementara itu majas ini juga dibagi lagi menjadi beberpaa majas seperti majas antitesis, paradoks, dan majas litotes. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai klasifikasi majas pertentangan tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Macam-Macam Majas Pertentangan dan Contohnya

Berikut ini adalah macam-macam majas pertentangan berserta dengan contohnya yang kami kutip dari academia, antara lain.

1. Majas Antitesis

Adalah majas dengan gaya bahasa yang menggabungkan 2 (dua) buah kata yang mempunyai arti atau makna yang saling berlawanan dalam sebuah kalimat sekaligus. Majas ini menunjukan pertentangan secara jelas. Misalnya saja seperti:

  • Tinggi juga rendah derajatmu tidak ditentukan dari kekayaanmu, melainkan dari iman dan takwamu
  • Benar dan Salah perbuatan yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan, nanti pasti ada balasannya.

2. Majas Paradoks

Adalah majas dengan gaya bahasa yang membandingkan keadaan yang sebenar dengan sesuatu yang menjadi kebalikan, sehingga nampak bertentangan. Misalnya saja seperti:

  • Budi adalah sosok yang pendiam, tapi ketika marah siapapun akan takut.
  • Tubuhnya memang kurus, namun ia makan sangat lahap.

3. Majas Litotes

Adalah majas dengan gaya bahasa yang dgunakan untuk merendahkan diri penyampainya, meskipun berbeda dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya saja seperti:

  • Silahkan cicipi makanan yang kami buat seadanya dan alakadarnya ini.
  • JIka anda ada waktu, boleh mampir ke gubug reot kami ini.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Macam-Macam Majas Pertentangan dan Contohnya. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.