Daerah Tambang Emas Terbaik di Indonesia

daerah tambang emas terbaik di indonesia

Negara Indonesia memang dianugerahi dengan kekayaan berupa emas murni yang sangat melimpah. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya industri penambangan emas yang sampai saat ini terus mengalami pengembangan.

Ada berbagai daerah di Indonesia yang dijadikan sebagai pusat penambangan emas terbesar di Indonesia, yakni Sumbawa, Papua, Jawa Barat, dan Dompu Sumatera. Maka tidak heran jika emas di Indonesia memiliki hasil yang sangat melimpah dan terbaik.

Daerah Tambang Emas Terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa daerah tambang emas terbaik di Indonesia yang kami kutip dari ilmutambang.com, antara lain:

1. Dompou

Tambang emas terbaik yang pertama berada di NTB, daerah ini menjadi salah satu daerah dengan sumber mineral tertinggi yang ada di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan langgengnya penambangan emas di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hingga pada tahun 2020, di Nusa Tenggara Barat sudah terdapat dua perusahaan penambangan besar.

2. Sumbawa

Daerah yang kedua adalah Sumbawa, Sumbawa merupakan daerah lain di NTB yang menjalankan penambangan emas. Amman Mineral atau yang dulunya dikenal dengan nama Nemont mengambil alih posisi produksi di sekutar tambang batu hijau Pulau Sumbawa.

Kegiatan penambangan mineral di pulau ini sudah dilakukan sejak tahun 2000, hal ini juga merupakan kegiatan penambangan terlama di Indonesia. Pada tahun 2020, Amman Mineral melaporkan penambangan emas di Sumbawa mencapai 4,12 juta ons.

3. Papua

Daerah penghasil emas yang selanjutnya berada di Papua yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Perusahaan ini berlokasi di dataran Tembaga pura, Mimika, Papua. PT Freeport Infonesia sudah beroperasi sejak tahun 1967.

Saat ini Papua menjadi daerah penghasil emas terbanyak di Indonesia, terbukti dengan hasil penambangan yang masih produktif selama puluhan tahun. Untuk tahun 2020 ini, PT Freeport mendapat hasil 240 kilogram emas murni setiap harinya.

4. Pongkor

Daerah yang selanjutnya ada di Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Barat. Kegiatan penambangan Pongkor sudah dimulai sejak tahun 1994 dan dikelola oleh PT Antam Tambang Tbk.

Tapi ada yang menyebutkan jika kegiatan tambang di sini akan kehabisan kontrak pada tahun 2021. Namun pihak Antam mengatakan akan memaksimalkan produksi emas murni dengan target kapasitas 2 ton dalam setahun.

5. Martabe

Tambang emas yang kelima adalah Martabe, kawasan ini adalah spot emas murni terbesar yang ada di kawasan Sumatera Utara. Kawasan ini tepatnya berada di Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, penambangan disini sudah dimulai sejak tahhun 2008.

Sampai saat ini, profit yang didapatkan dari penambangan emas Martabe terus meningkat, yakni mencapai engka 350 ribu ons setiap tahunnya.

Nah itulah 5 daerah penghasil emas terbaik di Indonesia. Bagaimana? Sangat banyak bukan penghasil emas di Indonesia.