Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik

cara menanam bunga mawar

Bunga Mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari genus Rosa. Setidaknya ada lebih dari 100 spesies tanaman Bunga Mawar yang ada di seluruh dunia, kebanyakan Mawar tumbuh di belahan bumi utara yang memiliki udara sejuk.

Spesies Mawar umumnya mempunyai batang berduri serta tinggi bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Daun tanaman bunga ini berukuran sekitar 5-15 cm, yang terdiri dari daun majemuk dan daun penumpu, ujung daun meruncing, serta pertulangan menyirip.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menanam bunga mawar yang baik dan benar, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah cara menanam bunga mawar baik dan benar yang kami kutip dari tipsbudidaya.com, simak dengan baik.

1. Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Menanam bunga mawar harus mempertimbangkan syarat tumbuhnya, hal tersebut bertujuan supaya bisa menghasilkan bunga yang indah. Syarat tumbuh tersebut harus berfungsi untuk menentukan lokasi tanam Bunga Mawar yang sesuai, misalnya saja seperti Ketinggian lahan dan Iklim serta Kondisi Tanah.

2. Pemilihan Bibit

Selanjutnya setelah anda memiliki pengetahuan syarat tumbuh bunga Mawar, setelah itu lakukan pembibitan. Untuk melakukan pembibitan bsia dibilang susah-susah gampang, anda bisa memilih untuk menanam Bunga Mawar dengan biji atau dengan stek batang.

Jika anda memilih untuk melakukan pembibitan, maka anda harus menemukan biji atau Bunga Mawar yang berkualitas. Biji bunga tersebut bisa anda dapatkan dari Bunga Mawar yang berusia setengah matang atau membeli di toko tanaman.

3. Persiapan dan pengolahan Media Tanam

Media tanam Bunga Mawar bisa berupa lahan budidaya atau pot serta polybag. Jika anda ingin menanam bunga matahari dalam skala yang besar, maka anda seharusnya memilih media tanam berupa lahan.

Tapi jika anda ingin menanam dalam skala yang kecil, maka gunakan pot atau polybag.

4. Penanaman

Jika bibit dan media tanam sudah siap, maka selanjutnya anda harus belajar bagaimaan cara melakukan penanaman. Tanam biji bunga matahari pada lubang tanam yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Buat jarak tanam sekitar 70×80 cm pada lahan dengan skala besar, sedangkan jika anda menggunakan polybag gunakan skala 20×30 cm. Saran kami lakukan penanaman saat pagi hari dan jangan lupa untuk langsung disiram setelah penanaman.

5. Pemeliharaan dan Perawatan

Tahap yang kelima setelah anda menanam Bunga Mawar, lakukan pemeliharaan dan perawatan tanaman. Hal ini bertujuan untuk menjaga tumbuh kembang tanaman sehingga nantinya mendapatkan bunga yang sangat indah.